Panduan Sekolah/Madrasah Pada Ketika Visitasi Akreditasi

Update 2017. Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Perlu diketahui bahwa Penetapan sasaran sekolah/madrasah yang akan diakreditasi dilakukan dengan mempertimbangkan aspek ketuntasan, keseimbangan, kesiapan, dan pelatihan sekolah/madrasah. Penuntasan perlu diutamakan semoga semua sekolah/madrasah mempunyai status terakreditasi.

Dalam Penetapan diatas, bagi Sekolah yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang diajukan sebelumnya oleh Pemerintah Daerah.

Sekolah yang telah ditetapkan hendaknya perlu mempersiapkan segala bentuk manajemen yang diharapkan sesuai dengan Instrumen Akreditasi pada pelaksanaan pengakuan dengan sebaik-baiknya.

Sahabat Dunia Pendidikan, Pada Saat Pelaksanaan Akreditasi Sekolah ada beberapa tahap yang perlu di ikuti sekolah dalam acara tersebut berikut penjelasannya :
 Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi

Panduan Sekolah/Madrasah pada Saat Visitasi Akreditasi


Persiapan/Pra-Visitasi
  1. Untuk SD/MI, SMP/MTs, segera  koordinasi dengan UPA S/M setempat terkait dengan pengakuan sekolah/ madrasah  dan agenda kunjungan Asesor. Untuk SMA/MA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB koordinasi dengan BAP S/M Provinsi Masing-masing daerah.
  2. Pelajari perangat pengakuan 2017  (silahkan ambil sesuai jenjang sederajat termasuk SLB : SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK )
  3. Jadwal  visitasi sanggup diunduh di Web BAP SM 
  4. ISI draf instrumen pengakuan  dan IPDIA sebagai bab  evaluasi diri sekolah/madrasah sebelum diinput ke ( http://sispena.bansm.or.id).
  5. Cetak draf  isian instrumen pengakuan  sekolah  dan persyaratan  akreditasi , selanjutkan disetorkan ke UPA S/M 

Terkait dengan Sispena BAN SM ( http://sispena.bansm.or.id)
  1. Sekolah/Madrasah yang akan divistasi wajib  menginput instrumen akreditasi, IPDIA, Foto sekolah dan Input Prasyarat Akreditasi segera sebelum visitasi dilaksanakan.   
  2. Login user name  sekolah dengan NPSN pada http://sispena.bansm.or.id
  3. Segera Ganti pasword yang gampang dihafal kalau sudah sanggup login.
  4. Segera  Input instrumen akreditasi, IPDIA, Foto sekolah dan Input Prasyaarat Akreditasi segera sebelum visitasi dilaksanakan.
  5. Jika kesulitan pada ketika mengunggah hubungi BAP-S/M Provinsi.

 Pelaksanaan  Visitasi
  1. Sekolah meminta kepada asesor  untuk memperlihatkan surat kiprah  Asesor (sesuaikan dengan jadwal)
  2. Siapkan tempat  untuk temu awal  (karena asesor akan menciptakan rencana kerja pada ketika visitasi) 
  3. Siapkan  profile sekolah (gambaran umum untuk 8 standar), selanjutnya  kepala sekolah/madrasah  presentasi pada asesor pada ketika temu awal kira-kira 10-15 menit.


Untuk Kegiatan Klarifikasi, Verifikasi Dan Validasi Data
  1. Lakukan diskusi dengan asesor  tentang apa saja  yang harus disiapkan sekolah/madrasah dalam memudahkan  kegiatan visitasi (Misanya berapa orang petugas/tim yang harus disiapkan untuk acara klarifikasi, verifikasi dan validasi data) .
  2. Asesor dipandu pada ketika observasi lingkungan sekolah atau yang lainnya kalau diperlukan.
  3. Sekolah/madrasah sanggup meminta penjelasan terhadap bukti pada butir-butir instrumen yang belum jelas, kalau masih diharapkan bukti yang harus dilengkapi (semua bukti komplemen sanggup diberikan dengan batas simpulan sebelum asesor melaksanakan temu akhir, bukti komplemen yang diberikan sehabis temu simpulan tidak sanggup diterima.
  4. Jika sedang tidak ada KBM, sekolah dimohon menyiapkan  dua kelas untuk KBM minimal 2 jam pelajaran. Jika sedang ada KBM aseor berhak menentukan kelas sesuai dengan kebutuhan asesor.
  5. Unduh dan mengisi gosip program pelaksanaan visitasi dan kartu kendali proses visitasi dan ditandangani. Kemudian mengunggah kembali dalam sispena s/m sehabis visitasi selesai.
  6. Setelah selesai visitasi (hari kedua),  siapkan tempat untuk kegiatan temu akhir (Asesor akan memberikan dan menawarkan  secara tertulis rekomendasi untuk sekolah, bukan memberikan nilai simpulan hasil visitasi, kalau asesor tidak menawarkan rekomendasi secara tertulis, sekolah/madrasah  harus meminta kepada asesor  untuk bukti sekolah  sudah divisitasi sebagai materi penilaian sekolah/madrasah).
  7. Kegiatan visitasi minimal 2 hari, perhari minimal 5 jam

baca juga terkait panduan pengakuan :

Pasca Visitasi
  1. Unggah Kartu Kendali ke www.sispena.bansm. or.id segera sehabis vistasi selesai.
  2. Isi kartu kendali sesuai dengan kenyataan

Demikian yang sanggup disampaikan mengenai Panduan Visitasi bagi Asesor Akreditasi Sekolah dan Madrasah, Semoga Kegiatan Akreditasi Sekolah yang dilakukan menerima nilai memuaskan. aamiin.

sumber : http://bapsm.jatengprov.go.id/content/pengumuman/panduan-visitasi-bagi-asesor-akreditasi-sekolah-madrasah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Sekolah/Madrasah Pada Ketika Visitasi Akreditasi"

Post a Comment