Beranikah Anda Untuk Menjadi Guru Yang Excellent??

BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??


TRIK BAGI GURU YANG INGIN MENJADI SEORANG PENGAJAR YANG BAIK
BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT??


Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, kali ini Dunia Pendidikan akan membagikan sebuah trik untuk menjadi seorang Pengajar yang berkualitas. yang pada dikala ini menjadi sangat langka sekali.

Kualitas Pendidikan di Indonesia salah satunya bergantung pada Kualitas Guru. Sudahkah Anda merasa berkualitas sebagai seorang guru? Untuk menjadi guru yang berkualitas, Anda HARUS BERANI MENJADI GURU YANG EXCELLENT.

Susahkah menjadi guru yang excellent? TIDAK, gampang sekali.

Berikut yaitu cara bagaimana menjadi Guru yang Excellent:
  1. Rencanakan bahan latih dengan hati-hati. Dimulai dengan APA YANG INGIN SISWA PELAJARI, bukannya APA YANG INGIN SISWA KERJAKAN. Mata Pelajaran selalu mempunyai TUJUAN UTAMA PEMBELAJARAN. Oleh balasannya segala aktivitas yang Anda lakukan di kelas haruslah berfokus pada tuju4n ini. Sehingga, mul4ilah dengan “SAYA INGIN SISWA MEMPELAJARI ….” Dan kemudian tentukan apa yang akan mereka (siswa) lakukan.
  2. Merencanakan banyak sekali Model Pembelajaran. Anda sanggup membagi Model Pembelajaran menjadi 3 (tiga) bab (yang dikenal dengan abreviasi VAK), yaitu: VISUAL LEARNERS, berguru dengan melihat, AUDITORY LEARNERS, berguru dengan mendengarkan, dan KINESTHETIC LEARNERS, berguru dengan melakukan.
  3. Ciptakan rutinitas disiplin dalam kelas. Misal, berdoa sebelum belajar, berdoa sesudah tamat belajar, menaruh tas dan peralatan sekolah di daerah yang benar, membuang sampah pada tempatnya, dan lainnya. Walau kelihatan sepele, lakukanlah dengan disiplin yang ketat.
  4. Gunakan ‘tugas awal’ (starter task). Sebelum pelajaran dimulai, kiprah awal diberikan selama kurang lebih 5 (lima) menit dengan cara yang ‘merangsang dan menyenangkan’.
  5. Beritahu siswa wacana Tujuan Pembelajaran. Dalam hal ini siswa akan menjadi terang wacana apa yang akan dipelajari dalam kurun waktu tertentu (kurang lebih sama dengan Kontrak Kuliah di Perguruan Tinggi).
  6. Berikan ‘Kriteria atau ukuran sukses’ untuk kiprah yang Anda berikan. Misal, grade (tingkatan) evaluasi yang akan Anda berikan kepada siswa.
  7. Gunakan Metode Penilaian yang bervariasi. Gunakan juga Penilaian dari diri siswa sendiri, atau evaluasi dari teman sejawat.
  8. Segera ganti Metode Pembelajaran jikalau dengan metode pembelajaran sebelumnya siswa terlihat merasa bosan atau jenuh.
  9. Pujilah dan pujilah siswa jikalau mereka melaksanakan yang benar.
  10. Tanyakan pada siswa wacana apa yang telah mereka pelajari, dan dengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan.

Pertanyaan disini yaitu : SIAP DAN BERANIKAH ANDA UNTUK MENJADI GURU YANG EXCELLENT ???

Demikian 10 Trik yang sanggup merubah seorang guru menjadi Berkualitas dan Profesional. Semoga yang telah disampaikan, bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beranikah Anda Untuk Menjadi Guru Yang Excellent??"

Post a Comment