Belajar dan Pembelajaran, Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar
PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
- PEMBELAJARAN ADALAH MEMOTIVASI DAN MEMBE-RIKAN FASILITAS KEPADA SISWA
- PEPATAH KHONG FU TSU : “Saya dengar, maka saya lupa; Saya lihat, maka saya ingat, dan saya lakukan, maka saya paham”.
- SEMAKIN BANYAK ALAT DRIA ATAU INDRA DIAK-TIFKAN DALAM BEL.&PEMBEL. SEMAKIN BANYAK INFORMASI TERSERAP.
- BELAJAR DALAM BANYAK HAL ADALAH MERUPAKAN SUATU PENGALAMAN
- MATERI AKAN LEBIH MUDAH DIKUASAI APABILA SISWA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL DALAM KEGI ATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
- BELAJAR DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BAIK DARI DALAM (INTRINSIK) MAUPUN LUAR (EKTRINSIK).
- SEMUA MANUSIA TERMASUK SISWA INGIN DIHARGAI DAN DIPUJI.
- SETIAP OTAK MANUSIA ADALAH UNIK, OLEH KARENANYA SETIAP SISWA MEMI-LIKI KESAMAAN DAN PERBEDAAN UNTUK MEMAHAMI PELAJARAN
- OTAK AKAN LEBIH MUDAH MEREKAM IN-PUT JIKA DALAM KEADAAN SANTAI ATAU RILEKS DIBANDING DALAM KEDAAN TE-GANG.
Baca Juga :
>> Buku Pedoman Bimbingan Konseling untuk SD, SMP, SMA, SMK
>> PENERAPAN GIZI SEIMBANG KANTIN SEHAT DI SEKOLAH
>> Prinsip Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti
KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA
- To tell atau Menjelaskan
- To sell atau Menjual Gagasan
- To learn atau Belajar
- To decide atau memutuskan
JENIS-JENIS KOMUNIKASI :
- Komunikasi Verbal
- Komunikasi Non-Verbal
- Komunikasi Antar Pribadi
- Komunikasi Intrapribadi
- Komunikasi Organisasi
- Komunikasi Antar Budaya
MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
- Penyampaian materi sanggup diseragamkan
- Proses instruksional lebih menarik
- Proses berguru lebih interaktif
- Jumlah waktu pembelajaran sanggup dikurangi
- Kualitas berguru sanggup ditingkatkan
- Proses berguru sanggup terjadi kapan dan dimana saja
- Meningkatkan perilaku konkret siswa terhadap proses dan materi ajar
- Peran pembelajar sanggup berubah ke arah konkret dan produktif.
KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK
- Media menyajikan isu yang sesuai dengan tujuan dan materi
- Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa
- Sesuai dengan aktivitas berguru dan pem-belajaran yang dirancang
- Sesuai dengan daerah penyelenggaraan berguru dan pembelajaran
- Memuat isu yang sanggup memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
- Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
- Sebaiknya sanggup dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator.
- Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana.
- Biaya yang diharapkan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam denah kemam-puan anggaran sekolah
PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN
- Menggunakan ketrampilan bertanya
- Memberikan penguatan
- Melakukan variasi pembelajaran
- Menjelaskan dengan bahasa siswa
- Membuka dan menutup pelajaran
- Membimbing diskusi kelompok
- Mengelola kelas secara baik
- Mengajar kelompok kecil dan perorangan
BEBERAPA CIRI GURU KREATIF
Guru kreatif ialah guru yang selalu bertanya pada diri sendiri perihal :
- Apakah saya sudah menjadi guru yang baik ?
- Apakah saya sudah mendidik dengan benar ?
- Apakah anak didik saya mengerti pelajaran yang saya sampaikan ?
- Ia selalu melaksanakan introspeksi diri
- Ia selalu merasa kurang dalam proses pembelajarannya
- Ia tidak pernah puas dengan apa yang telah ia lakukan
- Selalu ada penemuan gres yang ia ciptakan dalam proses pembelajaran
- Ia selalu memperbaiki proses pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Ia selalu berguru sesuatu yang baru
- Ia merasa tertarik untuk memperbaiki cara mengajarnya.
10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF
<< Baca Sebelumnya | Baca Selanjutnya >>
0 Response to "Mengenal Metode Dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar"
Post a Comment